RECENT COMMENTS

Cara Membuat Dashboard Excel Kasus COVID-19 di Indonesia



Dikesempatan kali ini sofwaresolusindo.com akan menjelaskan cara membuat dashboard excel untuk perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia dengan data per 26 Desember 2020. Untuk itu ikuti langka-langkah yang ada di video tutorial di atas atau ikuti langkah di bawah ini.

Buka Project File yang sebelumnya sudah di download ( Link Download ada di Bawah Arikel ini )

Pertama ubah tabel yang ada di sheet Data menjadi tabel excel melalui Tab Insert > Table Kemudian hilangkan tanda centang Filter Button nya.


Selanjutnya di bagian sebelah kiri tabel data lakukan perhitungan dengan Fungsi VLOOKUP dengan sel kuncinya di bagian ID Propinsi. Untuk lebih jelasnya ketikkan Fungsinya seperti berikut di bawah Sel Provinsi.
=VLOOKUP($I$1;Table1;2;0) 


Kemudian Copy kan di sel Kasus Positif (Kolom Index 3), Kasus Aktif (Kolom Index 6), Sembuh (Kolom Index 4), Meninggal (Kolom Index 6), lalu sesuaikan Kolom Index nya.



Setelah itu cari Persentase Kasus Aktif (Kasus Aktif/Kasus Positif), Persentase Sembuh (Sembuh/Kasus Posisif)Sembuh (Meninggal/Kasus Posisif) kemudian ubah bentuknya menjadi persen melalui Tab Home > Group Number lalu pilih Simbol %.


Selanjutnya tambahkan Objek Shape Rounded Rectangle melalui Tab Insert > Illustrations > Shapes dengan Tinggi 3,5 cm dan Lebar 7 CM, kemudian tambahkan Tex Box sebanyak 4 Buah melalui tab Insert > Text >Tex Box, lalu susun seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Duplikat semua objek tadi sebanyak 3 buah dan susun dan ketikkan teks menjadi seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya pilih text box kosong di atas teks  Terkonfirmasi kemudian letakkan kursor di Formula Bar lalu ketik = lalu pilih sheet Data dan pilih Nilai Sel Kasus Positif.

Lalukan langkah seperti di atas untuk Text Box kasus aktif, sembuh, meninggal, beserta persentasenya, sehingga hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


Pilih semua tex box yang ada nilainya lalu ubah besar hurufnya menjadi 36 Efek Bold sehingga hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.


Begitu juga untuk teks Persen dan dari Terkonfirmasi ubah besar hurufnya menjadi 14 dan beri efek tebal (Bold).


Pilih semua tex Box lalu hilangkan garis Outlinenya dan warna pada Shape Fill

Selanjutnya berikan warna pada shape fill dan Text Fill untuk masing masing objek sehingga menjadi seperti pada gambar di bawah ini.



Selanjutnya pilih data perhitungan dan buat Grafik Batang melalui Insert > Chart, kemudian sesuaikan Warnanya.



kemudian Cut grafik tersebut dan letakkan di Sheet Dashboard. 



Lakukan pembuatan grafik Garis, Doughnut, dan Grafik Batang 3D dan lakukan pengaturan yang caranyanya kurang lebih seperti pembuatan grafik batang di atas, kemudian susun hasinya seperti terlihat pada gambar.



Selanjutnya buat List Box dengan cara pilih Tab Developer > Insert > List Box, selanjutnya klik kanan pada list box lalu pilih Format Control, selajutnya dibagian Input Range pilih Kolom Provinsi di Sheet Data, dan Cell Link pilih ID Provinsi dan akhiri dengan klik OK.


Kemudian sesuaikan tinggi dan lebar List Box.


Pilih semua are worksheet kemudian beri warna abu-abu.



Selajutnya letakkan kursor di sel 11 lalu arahkan ke sel Provinsi dan beri Warna Biru.


Pembuatan Dashboard Excel Kasus Covid-19 sudah selesai dengan tampilan sebagai berikut.



Jika Link Download Bermasalah atau belum sesuai/mengarah ke Project File PPT, tinggalkan pesan lewat kolom Komentar di bawah artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar