RECENT COMMENTS

Cara Membuka File Workbook Secara Otomatis di Excel



Pada saat Anda membuka aplikasi Microsoft Excel secara otomatis yang terbuka pertama kali adalah Workbook yang masih kosong atau halaman Start Screen (jika anda mengaktifkannya).  Sehingga apabila Anda akan membuka suatu file yang sudah disimpan, maka Anda harus mencarinya terlebih dahulu.

Sekarang muncul sebuah pertanyaan, apakah bisa kita membuka file yang setiap hari kita gunakan terbuka secara otomatis pada saat kita membuka aplikasi Microsoft Excel? Jawabannya tentu saja bisa ya guys!

Lalu bagaimana caranya? Caranya Anda tinggal ikuti Langkah demi Langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Pertama buat sebuah folder di Windows Explorer di direktori D: misalkan dengan nama folder Data Excel. Kemudian taruh file Workbook yang ingin dibuka secara otomatis di folder tersebut.

Selanjutnya Copy direktori folder yang baru saja dibuat atau Anda menggunakan folder yang sudah ada juga boleh.

Kemudian pilih Tab File > Options (Jika Anda menggunakan excel 2007 pilih logo Office > Excel Options).

Pada kotak dialog Excel Options yang muncul pilih menu Advanced.
Lalu dibagian General, masukkan atau Paste alamat direktori yang sebelumnya Anda salin/copy di bagian textbox At startup, open all files in.


Akhiri dengan klik OK.

Nah, sekarang apabila Anda membuka Aplikasi Microsoft Excel maka yang terbuka adalah Workbook yang ada di folder “Data Excel” tersebut. Namun, cara ini memiliki kelemahan sebab semua workbook yang tersimpan di folder “Data Excel” misalnya terdapat 10 file, maka semuanya akan terbuka secara otomati. Untuk itu jika Anda ingin menggunakan trik ini sebaiknya buat folder tersendiri yang menyimpan hanya satu file saja yang ingin dibuat terbuka secara otomatis.

Jika Anda ingin mengembalikan settingan seperti biasa Anda tinggal ulangi Langkah diatas dan hapus atau kosongkan alamat direktori dari folder yang berada di bagian At startup, open all files in.

Posting Komentar

0 Komentar