RECENT COMMENTS

Cara Memproteksi Worksheet dengan Password di Microsoft Excel


Di jaman yang serba digitar seperti sekarang ini, keamanan data sangatlah penting. Sebagai bentuk antisipasi terhadap hal-hal yang tidak Anda inginkan terhadap data Worksheet yang telah Anda kerjakan, selain membackup secara rutin perlu juga diberikan proteksi lain berupa pemberian password. Sehingga apabila ada orang lain yang mau melakukan sesuatu (melakukan perubahan/edit) terhadap data yang ada pada worksheet Anda tersebut tidak bisa, karena data sudah diproteksi dengan password. Untuk itu ikuti langkah demi langkah dalam pemberian password pada Worksheet sebagai berikut.

Buka worksheet yang akan diberi password
Klik kanan pada tab sheet yang akan diberi password, kemudian pilih perintah Protect Sheet…

Pada kotak dialog berikutnya yang muncul berikan hak akses kepada pengguna hal apa saja yang bisa dilakukan terhadap data di sheet tersebut dengan memberikan centang pilihan di bagian Allow all user of this worksheet to. Selanjutnya masukkan password pada textbox Password to unprotect sheet, kemudian klik OK.

Setelah itu akan muncul kotak dialog konfirmasi password. Masukkan password yang sama di textbox Reenter password to proceed, lalu klik OK.

Agar perubahan pemberian password pada worksheet tersimpan, lakukan penyimpanan workbook Anda. Nah, sekarang data pada worksheet Anda sudah terlindungi dari pengeditan dari orang-orang yang tidak memiliki akses.

Catatan: Cara di atas masih memiliki kelemahan karena orang lain masih bisa membuka workbook Anda, karena Anda hanya proteksi worksheet saja buka workbook.

Posting Komentar

0 Komentar