RECENT COMMENTS

Teknik Dasar Memilih dan Menyeleksi Objek di Powerpoint


Pada tutorial sebelumnya sudah diterangkan mengenai bekerja dengan Microsoft PowerPoint 2016. Agar lebih mahir dalam menguasai program Powerpoint, terlebih dahulu kuasai teknik-teknik dasar dalam bekerja di lingkungan Microsoft Powerpoint 2016. Untuk itu langsung saja ikuti teknik-teknik dasar yang akan saya jelaskan di bawah ini:

Memilih Slide
Memilih slide adalah langkah awal yang harus dilakukan sebelum mendesain sebuah slide atau memodifikasi slide yang sudah ada. Sebagai contoh mengubah latar belakang slide / background, memindah slide, menyalin slide, menghapus slide, dan lain sebagainya. Dalam area kerja Microsoft Powerpoint 2016 secara Normal slide dapat anda pilih dari daftar slide sebelah kiri lembar kerja Slide, tepatnya di panel slide. Adapun cara memilih slide adalah :

Untuk memilih slide maka Anda tinggal Klik pada slide yang ingin dipilih
Untuk memilih Slide lebih dari satu maka tekan dan tahan tombol Ctrl lalu pilih slide yang akan dipilih.


Memilih atau Menyeleksi Objek
Sebelum Anda melakukan pengeditan pada objek yang ada pada slide seperti : menyalin, memindah, memformat dan lain sebagainya. Langkah awal yang wajib dilakukan adalah memilih atau menyeleksi objek yang akan Anda edit tersebut terlebih dahulu. Adapun cara untuk memilih objek dalam slide adalah menggunakan perintah yang ada di Tombol Select yang terdapat di Tab HOME > Group Editing. 


Adapun penjelasan dari ketiga perintah tersebut di atas adalah sebagai berikut :
  • Select All – untuk memilih semua objek dalam slide.
  • Select Objects – untuk memilih objek satu atau lebih dalam sebuah slide.
  • Selection Pane... – untuk memilih objek dari jendela Taskpane Selection.


Selain menggunakan tombol-tombol seleksi diatas anda juga bisa memilih objek melalui Mouse, kombinasi tombol (Shortcut) pada papan ketik atau kombinasi keduanya.
  • Tekan Ctrl + A pada papan ketik untuk memilih semua objek
  • Tekan dan tahan Ctrl, kemudian pilih objek yang akan di seleksi pada slide lebih dari satu objek
  • Klik dan tahan mouse diluar objek lalu geser melewati objek yang ingin diseleksi. Cara ini hanya akan memilih objek yang terseleksi seluruh bagiannya saja, sedangkan yang terseleksi sebagian saja maka tidak terpilih.


Posting Komentar

0 Komentar