RECENT COMMENTS

Cara Membuat Data AutoFill Custom di Excel


Taukah Anda? Bahwa di Aplikasi Microsoft Excel ada fitur atau fasilitas yang Namanya AutoFill, yaitu sebuah fitur yang salah satu manfaatnya adalah untuk digunakan membuat data berseri secara otomatis. Adapun data berseri yang bisa digunakan adalah nama hari dan nama bulan. Apabila Anda ingin menggunakan fitur autofill selain data yang sudah terdaftar tersebut, maka tidak bisa.

Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir karena Microsoft Excel menyediakan tool tersebut masih bisa di custom atau disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk bisa membuat data autofill secara custom ikuti Langkah-langkah berikut di bawah ini.

Klik Tab File > Options (Jika Anda menggunakan excel 2007 pilih logo Office > Excel Options).

Kemudian pilih menu Advanced pada kotak dialog Excel Options.
Selanjutnya scroll mouse ke bawah hingga dibagian General, kemudian klik tombol Edit Custom List… ( Pada versi 2007 letaknya di menu Popular, Klik Edit Custom List…).


Untuk membuat data Autofill yang baru pilih dibagian NEW LIST kemudian ketikkan data yang akan dimasukkan dibagian textbox list Entries: misalkan nama bulan dalam kalender Hijriyah.


Setelah selesai data dimasukkan klik Tombol Add kemudian klik OK untuk mengakhirinya.

Selanjutnya Anda akan Kembali ke kotak dialog Excel Options, kemudian klik OK untuk keluar.

Untuk menggunakannya coba ketikkan salah satu data yang baru saja dibuat ke salah satu sel, misalnya bulan Muharram.


Kemudian letakkan kursor dibagian pojok kanan bawah sel hingga pointer berubah menjadi tanda (+), kemudian klik tahan dan Tarik ke bawah.

Untuk hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
 


Posting Komentar

0 Komentar