RECENT COMMENTS

Mengenal Microsoft Word 2019

Mengenal Microsoft Word 2019
Tiga tahun sudah sejak pertama kali digunakan pada Microsoft, bisa dibilang kalau pengguna Word memang sudah menembus miliaran orang di seluruh dunia. Bahkan dengan perkembangan teknologi yang saat ini serba mobile menggunakan smartphone, Word pun tak pernah kekurangan penggemar. Tercatat unduhan aplikasi Word untuk pengguna ponsel Android di PlayStore bahkan sudah melebihi satu miliar kali! Jumlah yang terbilang amat sangat luar biasa sekaligus membuktikan jika Word memang sangat mudah digunakan.

Namun meskipun begitu, masih saja ada orang-orang yang sama sekali belum pernah menggunakan Word. Alasannya tentu sangat banyak mulai dari bidang pekerjaan yang tidak pernah berhubungan dengan komputer, kehidupan yang jauh dari perangkat teknologi hingga terkendala usia. Padahal sejatinya ada banyak sekali manfaat Word yang mampu membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Tetapi lepas dari seluruh keunggulan yang dimiliki, Word juga tak lepas dari beberapa kekurangan. Nah, supaya Anda bisa lebih memahami Word secara maksimal, beberapa ulasan berikut ini bisa jadi pertimbangan.

Manfaat Microsoft Word yang Wajib Diketahui
1. Pekerjaan Selesai Lebih Mudah
Yang namanya komputer tentu memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan seseorang. Hal ini ternyata juga ditawarkan oleh Word sebagai salah satu software terbaik yang pernah diciptakan Microsoft. Dengan menggunakan Word, Anda bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan tulis-menulis secara lebih mudah. Dibandingkan dengan menulis memakai tangan yang bakal kebingungan saat ada salah tulis, kekeliruan pengetikan di Word bisa langsung diedit secara realtime. Ada banyak sekali tampilan icon dalam layar Word yang jelas memiliki fungsi mempermudah pekerjaan.

2. Pekerjaan Selesai Lebih Cepat
Siapapun tentu enggan jika bekerja menghabiskan waktu. Contohnya orang-orang zaman dulu yang masih menulis dengan tangan atau mesin ketik, maka harus melakukan penulisan dan pengetikan sampai berhari-hari demi menyelesaikan permintaan akan undangan. Sangat merepotkan? Jelas! Namun hal ini jelas tak akan dialami oleh pengguna Word, karena jika ingin menggandakan dokumen, Anda tinggal melakukan print lebih dari sekali atau melakukan copy-paste pada halaman dokumen. Begitu pula ketika ada kekeliruan format penulisan, Anda tak perlu repot mengetik ulang karena tinggal mengganti margin atau font dan pekerjaan pun langsung kelar.

3. Menghemat Biaya Produksi
Lantaran pekerjaan bisa jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat, tentu saja hal ini berimbas ke manfaat Word berikutnya yakni menghemat biaya produksi. Ketika sebuah dokumen selesai, Anda tak harus menyimpan kertas di tempat tersembunyi dan terjaga kebersihannya, melainkan menyimpan file dokumen tersebut di perangkat penyimpanan seperti flashdisk atau mungkin memory card. Bahkan jika semakin jago Anda dalam pengetikan di Word, tentu pekerjaan bisa selesai dengan cara yang jauh lebih efisien biaya.

Kelebihan Perangkat Lunak Microsoft Word
Dengan berbagai kemampuannya, tak heran kalau akhirnya Word saat ini masih menjadi program pengolah kata terbaik yang pernah dihasilkan oleh manusia. Supaya Anda bisa semakin mantap dalam menggunakan Word, berikut ini adalah beberapa kelebihan program pengolah kata tersebut:

Seiring dengan waktu yang berjalan, Word memang memperoleh berbagai pembaruan oleh Microsoft. Tak heran kalau akhirnya Word yang versi terbaru memiliki kemampuan lebih baik daripada sebelumnya.

Berbagai tool dasar yang disediakan oleh Word memang selalu mengalami perubahan. Namun tidak lepas dari fungsi utamanya sebagai desktop publishing
Terhitung sejak tahun 1989 alias 30 tahun lalu, sudah ada 16 versi Word yang dikenalkan oleh Microsoft. Di mana untuk versi 2019 ada di paket Microsoft Office 2019. Keunggulan dari update versi ini adalah versi Word terbaru selalu bisa loading lebih cepat dengan ukuran file dokumen yang makin kecil saja
Bukan cuma sekadar mengetik saja, Word juga memberikan fitur menyisipkan gambar yang tentunya akan bisa membuat lembar kerja Anda makin terlihat menarik

Ada berbagai pilihan file ekstensi untuk sebuah dokumen yang dikerjakan di Word. Sehingga siapapun penggunanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan karena hingga sejauh ini, Word sangat kompatibel dengan berbagai program pengolah kata

Kekurangan Perangkat Lunak Microsoft Word
Melihat manfaat dan berbagai keunggulan yang ditawarkan, tentu seolah membuktikan jika Word tampil sempurna tanpa cacat. Apakah memang demikian? Tentu saja tidak. Karena software wajib perkantoran ini memiliki beberapa kekurangan yang mungkin harus diketahui oleh seluruh penggunanya, termasuk Anda:

Kendati pembaruan versi adalah salah satu keunggulan yang ditawarkan Word, rupanya juga tidak luput dari kekurangannya. Kok bisa? Karena setiap kali Microsoft merilis versi terbaru Word, akan ada perubahan yang cukup drastis dalam hal desain tampilan Word. Sehingga bisa saja jika Anda yang sudah bertahun-tahun menggunakan Word 2002 (tersedia dalam Microsoft XP), akan begitu kebingungan melihat tampilan Word 2016 lantaran jauh berbeda

Masih berkaitan dengan pembaruan, setiap versi update Word akan menambahkan beragam fitur yang berguna untuk mempermudah pengolahan kata. Hanya saja hal ini membuat spesifikasi Word semakin berat. Jika Anda menggunakan komputer/PC dengan spesifikasi prosesor 500 MHz, RAM 512 MB, VGA 64 MB dan HDD 1 GB, maka itu cuma akan bisa menjalankan Word versi paling standar untuk saat ini

Pembaruan versi juga kerap kali membuat ekstensi file default menjadi berubah. Bahkan ada kalanya kalau file-file yang dikerjakan di Word versi terbaru, tidak akan terbaca di Word lawas. Untuk itulah Anda harus benar-benar mempelajarinya secara waspada. Nah, sangat luar biasa sekali bukan.

Microsoft Word ini? Tak heran kendati ada banyak sekali perangkat lunak pengolah kata di luar sana, Word tetap selalu jadi rujukan utama. Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masih saja ada orang-orang di luar sana yang sama sekali belum pernah menggunakan Word dan butuh memahaminya. Kelompok seperti ini jelas tidak boleh direndahkan karena memang pada dasarnya, setiap orang punya hak untuk menjadi lebih paham teknologi dan mengoperasikan Word sesuai kebutuhan.

Posting Komentar

0 Komentar